FAQ Roster Program RedR-UNICEF

Apa itu Roster RedR-UNICEF?

RedR Indonesia dalam kerja sama dengan UNICEF, Kementrian, dan Lembaga lainnya memanggil aktor kemanusiaan yang terlatih, berkompeten, dan berdedikasi untuk mendukung upaya respon bencana di mana pun diperlukan di Indonesia. Merekaa yang terpilih sebagai Roster RedR-UNICEF nantinya akan berkontribusi  untuk memperkuat Klaster Nasional Pengungsian & Perlindungan (Klasnas  PP) dan siap diturunkan dalam keadaan darurat atau kebencanaan.

Bagaimana Cara Bergabung menjadi Roster RedR-UNICEF?

Silahkan kunjungi website RedR melalui tautan berikut: https://redr.or.id/pendaftaran-roster-redr-unicef/

Roster RedR-UNICEF dan Roster Program RedR?

RedR Indonesia mempunyai dua kategori Roster, yaitu Roster RedR-UNICEF yang merupakan program kerja sama antara RedR Indonesia dengan UNICEF. Roster kategori ini, sasaran penempatannya (deployment) diperuntukkan untuk mendukung Klasnas PP di bawah koordinasi Kementrian Sosial (Kemensos), dan ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia

Kategori lain adalah Roster RedR Indonesia, yang merupakan salah satu program utama RedR untuk menyediakan kesempatan bagi aktor kemanusiaan professional yang dapat ditempatkan (deployment) baik di dalam maupun luar negeri. Pendukung deployment Roster kategori ini berasal dari beberapa Lembaga termasuk organisasi PBB maupun Lembaga Donor.

Apa kualifikasi Roster RedR-UNICEF?

Kualifikasi kandidat Roster RedR-UNICEF dapat dilihat melalui website RedR melalui tautan berikut: https://redr.or.id/pendaftaran-roster-redr-unicef/

Mengapa RedR Indonsia yang mengelola Roster RedR-UNICEF?

RedR Indonesia, sebagai anggota terakreditasi Federasi RedR International telah mempunyai pengalaman mengelola program Roster selama beberapa tahun. Demikian juga dengan UNICEF Indonesia, RedR Indonesia telah mempunyai pengalaman kerja sama sejak tahun 2018. Pengalaman dan praktek baik dalam mengelola rekrutmen hingga deployment aktor kemanusiaan profesional  menjadi acuan dalam mengeloala Roster RedR-UNICEF. Selanjutnya UNICEF sesuai mandatnya akan mendukung Klasnas PP dengan menyediakan Roster terdaftar yang dikelola RedR Indonesia.

Apa Tugas RedR Indonesia dalam pengelolaan Roster

RedR melakukan proses rekrutmen, pelatihan dan mengelola Roster yang memiliki berbagai keahlian di antaranya dalam bidang Perlindungan Anak, Pendidikan, Air Minum & Penyehatan Lingkungan (AMPL), Nutrisi, Koordinasi, dan Manajemen Informasi. Apabila ada permintaan penugasan dan penempatan dari Pemerintah Republik Indonesia, RedR Indonsia dapat merekomenasikan Roster yang memiliki keahlian yang sesuai dengan kebutuhan sesuai situasinya.

Bagaimana sistem kontrak untuk Roster RedR-UNICEF ini? Siapa yang akan mengontrak staff dan menggaji kandidat yang akan ditugaskan (deployment) nantinya?

Kandidat yang telah berhasil melalui rekrutmen akan mendapatkan informasi terkait deployment yang diperlukan dari Kementrian Sosial RI. Penugasan dan penempatan Roster RedR-UNICEF dilakukan oleh Kementrian Sosia RI. Organisasi-organisasi pendukung Klasnas PP dapat berkontribusi dalam hal pembiayaan penempatan Roster pada situasi darurat. RedR Indonesia akan berkontribusi memberikan arahan sebelum penempatan (pre deployment briefing) maupun monitoring selama penugasan dan debriefing setelah penempatan.

Berapa lama waktu penugasan dan penempatan (deployment) sebagai Roster RedR-UNICEF?

Proses deployment ditentukan oleh Kemensos selama adanya kebutuhan akan tenaga Roster. Sistem penugasan dan penempatan, mekanisme dan lama penugasan ditentukan sesuai dengan jenis, sifat dan besarnya bencana, berkisar antara 3 bulan hingga 12 bulan.

Bagaimana system penugasan, gaji, tunjangan, akomodasi dan fasilitas lain pada saat penugasan dan penempatan ke lokasi kerja yang menjamin Roster tersalurkan dengan tepat?

Apabila Kementrian Sosial RI membutuhkan Roster maka kebutuhan itub akan ditawarkan kepada lembaga pendukung Klasnas PP untuk dapat mendukung membiayai penempatan (deployment) Roster yang dikelola RedR-UNICEF. Gaji dan fasilitas lain akan disesuaikan dengan standar lembaga yang akan menerima penugasan dan penempatan dengan kesepakatan Kemensos RI dan pihak yang mendanai.Roster. Informasi tersebut akan dijelaskan kepada Roster yang siap untuk diberangkatkan.

Berapa lama waktu yang diperlukan oleh kandidat yang dinyatakan berhasil dalam seleksi sampai dengan deployment nantinya?

Penempatan atau deployment akan sangat tergantung adanya kebutuhan tenaga respon kemanusiaan. Pada saat tidak ada respon darurat, maka kandidat dapat bekerja dalam organisasi atau menggeluti aktivitas masing-masing. RedR Indonesia berusaha mengelola anggota Roster melalui newslettersharing session temu online bersama yang akan diselenggarakan secara berkala.

Untuk Kandidat Roster RedR-UNICEF yang tidak berhasil, apakah mendapatkan kesempatan untuk bergabung dalam Roster RedR Indonesia? Bagaimana kualifikasinya?

RedR Indonesia membuka kesempatan secara luas kepada siapa pun yang memiliki pengalaman profesional dalam bidang respon darurat kemanusiaan. Baik yang sudah terjaring dalam Roster RedR-UNICEF atau di luar skema tersebut semua dapat mendaftar menjadi anggora Roster RedR Indonesia. Kualifikasi Roster RedR Indonesia mensyaratkan penguasan Bahasa Inggris atau Bahasa asing lainnya dan pelatihan Safety dan Security. Pendaftaran Roster RedR, dapat mengunjungi website RedR melalui tautan berikut: https://redr.or.id/pendaftaran-roster/

Apakah Roster RedR-UNICEF akan mendapat pelatihan sebelum penugasan dan penempatan pada situasi darurat atau kebencanaan? 

Pada umumnya pelatihan dilakukan sebagai syarat bergabung dalam Roster. Pengalaman kerja dalam  respon bencana di bidang keahlian tertentu dapat dianggap setara dengan pelatihan. Sehingga Roster yang terpilih dan dan terdaftar adalah yang sudah siap ditempatkan.

RedR Indonesia akan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan inti yang menjadi kekhasan RedR secara global. Pelatihan-pelatihan tersebut di antaranya adalah Essential Humanitarian Practice (EHPHostile, Environment Awareness Training (HEAT)Anggota Roster RedR diwajibkan mengikuti pelatihan EHP bagi yang pengalaman lapangannya kurang memadai dan bagi yang akan ditugaskan di daerah rawan keamanan wajib mengikuti pelatihan HEAT.

Siapakah host (organisasi, pemerintah atau instansi tertentu) yang sudah menjalin kesepakatan untuk menjadi Host penempatan Roster RedR-UNICEF ini? Harapannya para pelamar Roster dapat melihat peluang secara langsung dari deployment yang ditawarkan oleh host melalui RedR Indonesia.

Untuk Roster RedR-UNICEF yang dinyatakan memenuhi syarat sebagai Roster RedR-UNICEF profilenya nantinya akan diserahkan kepada Kemensos dalam proses seleksi penugasan dan penempatan. Dengan demikian penugasan dan penempatan akan dilakukan dalam jaringan dan lingkungan Klaster Nasional Pengungsian dan Perlindungan.

Berapa lama recruitment Roster RedR-UNICEF berlangsung sampai dengan penutupannya?

Proses rekrutmen akan berlangsung hingga September 2022 sesuai dengan kerja sama antara RedR Indonesia dan UNICEF. Setelah kerja sama tersebut RedR Indonesia akan terus membuka pendaftaran Roster RedR Indonesia.

Apakah pendaftar harus merupakan alumni pelatihan RedR?

Alumni Pelatihan RedR memiliki kesempatan lebih besar untuk dapat bergabung dalam program Roster RedR-UNICEF ini. Namun demikian, proses seleksi akan mempertimbangkan juga tenaga-tenaga ahli yang selama ini berkiprah dalam respon darurat bencana di Indonesia, termasuk melalui data tenaga ahli yang telah terdaftar dalam sistem UNOCHA. 

Informasi kontak yang bisa dihubungi terkait Roster UNICEF?

Website Roster UNICEF : https://redr.or.id/pendaftaran-roster-redr-unicef/

Pertanyaan lebih lanjut dapat mengisi formulir melalui tautan berikut ini: https://redr.or.id/kontak/

Kontak : +62274 889355

Email: roster.redrindonesia@redr.or.id