Peningkatan Kapasitas Logistik dan Dapur Umum

Artikelon Oktober 13, 2022

Penyelenggaraan penanggulangan bencana terdiri dari tiga fase yaitu masa pra bencana (kesiapsiagaan), tanggap darurat/saat terjadi bencana, dan setelah bencana (rehabilitas dan pemulihan). Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki tugas dalam Klaster Pengungsian dan Perlindungan, dan Klaster Logistik pada penanggulangan bencana. Tugas tersebut tidak lepas dari keberadaan Taruna Siaga Bencana (Tagana) sebagai tenaga inti (gugus tugas penanggulangan bencana Dinas Sosial). Tagana merupakan relawan sosial yang dibentuk dan difasilitasi oleh Kementerian Sosial RI, mereka adalah masyarakat yang memiliki kepedulian dan aktif dalam penanggulangan bencana bidang Perlindungan Sosial.

Dalam setiap upaya penanggulangan bencana dan penanganan korban bencana alam atau pengungsi, perlu adanya persepsi yang sama, dilaksanakan secara terpadu, terkoordinir melibatkan seluruh potensi pemerintah dan masyarakat, serta memberdayakan sarana dan prasarana yang tersedia. Pada tahap penyelamatan, saat bencana terjadi dilakukan dengan memberikan pertolongan, pelayanan, perlindungan, penampungan sementara, bantuan pangan, sandang, obat-obatan, air bersih, sanitasi dan pembinaan serta pemberdayaan tanpa membedakan perlakuan. Menyesuaikan tantangan di atas, dengan memperhatikan alur penanganan tanggap darurat yang meliputi:

  1. Manajemen Posko
  2. Shelter (barak pengungsian)
  3. Bantuan Darurat
  4. Pendampingan Sosial dan Psikosial

Maka sebagai seorang Tagana yang dibentuk dan difasilitasi oleh Kementerian Sosial RI harus senantiasa meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses pelaksanaan tugas. Tak heran bila Tagana Daerah Istimewa Yogyakarta mau tidak mau harus mengikuti pola dan irama yang ada, sesuai arahan dan petunjuk dari Dinas Sosial tingkat DIY dan kabupaten/kota dalam upaya membina dan meningkatkan kapasitas binaannya, dengan prinsip satu komando, satu aturan, satu kesatuan (one command, one rule, one corps).

Dinas sosial Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Program Penanganan Korban Bencana, Kegiatan Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam dan Sosial Provinsi, Sub Kegiatan Pelayanan Dukungan Psikososial menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Logistik dan Dapur Umum sebagai dukungan dan peningkatan kemampuan personal dalam membangun koordinasi, komunikasi, dan inisiatif khususnya Tata Kelola Logistik dan penatalaksana Dapur Umum. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada tanggal 24 Agustus 2022 lalu.

RedR Indonesia dengan komitmennya untuk selalu meningkatkan kapasitas kerja/program kemanusiaan turut terserta dalam kegiatan tersebut dengan membawakan materi Perjalanan Aksi Kemanusiaan (Humanitarian Story) yang interaktif bersama para peserta.

Artikel Dinas Sosial DIY