Kekerasan Seksual dan Kekerasan Berbasis Gender dalam Situasi Bencana

Artikelon Februari 11, 2022

Indonesia banyak menyimpan potensi kekayaan alam. Namun, seiring dengan potensi tersebut, banyak juga bencana yang sering terjadi. Bencana dapat menimbulkan dampak negatif seperti gangguan terhadap kehidupan dan penghidupan masyarakat, timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerusakan harta benda, hingga dampak psikologis.

Dalam situasi bencana banyak hal dapat terjadi yang membawa kelompok tertentu menjadi semakin rentan. Kelompok yang memiliki kerentanan tersebut, diantaranya adalah anak, lansia, disabilitas, perempuan, orang dengan orientasi seksual atau identitas gender tertentu, hingga masyarakat adat. Perlindungan terhadap kelompok rentan menjadi tidak terjamin pada masa bencana. Apa saja dampak dan kerentanan yang dihadapi kelompok-kelompok tersebut?

Salah satunya, mereka beresiko menghadapi kekerasan dan eksploitasi seksual. Padahal dampak kekerasan seksual dan kekerasan gender sangat beragam, dampaknya dapat mempengaruhi kondisi kesehatan reproduksi seksual dan kesehatan jiwa dari penyintas. Oleh karena itu, pengetahuan tentang pencegahan kekerasan seksual dan kekerasan gender menjadi sangat penting.

Simak video Pembelajaran Penanganan Kekerasan Seksual dan Kekerasan Berbasis Gender dalam Situasi Bencana melalui video berikut ini:

Jangan lupa saksikan juga video pembelajaran tentang Kepemimpinan Lokal dalam Kesiapsiagaan dan Perlindungan Bencana lainnya dengan subcribe Youtube RedR Indonesia.